Salah satu rahasia agar kulit dan wajah tetap awet muda adalah dengan cara meningkatkan kolagen kulit dan tubuh. Kolagen merupakan zat penyusun protein yang berperan penting dalam mendukung struktur tubuh yang kuat, lentur, dan elastis.

Kekurangan kolagen bukan saja akan merugikan kesehatan tubuh namun namun juga merusak kecantikan anda.
Sebagai struktur yang menyusun protein tubuh, jumlah kolagen yang dibutuhkan cukup besar yang mencapai sekitar 30 persen dari total protein tubuh. Namun kebutuhan ini masih bisa dipenuhi karena tubuh mampu memproduksi sendiri kolagen alami untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Namun kemampuan tubuh dalam memproduksi sendiri kolagen akan menurun seiring bertambahnya usia. Kebanyakan orang yang telah berusia di atas 40 tahun kemampuan organ tubuh dalam menghasilkan kolagen alami berkurang drastic. Karena itulah mereka sangat disarankan untuk mengkonsumsi suplemen kolagen untuk memenuhi kebutuhan tubuh tersebut.

Langkah Mudah Meningkatkan Kolagen Tubuh

Kolagen adalah serat protein yang menyusun jaringan otot, urat, sendi, tulang, maupun kulit. Kekurangan kolagen akan menyebabkan jaringan tersebut lemah dan bisa menimbulkan gangguan kesehatan. Karena itu sangat penting untuk menjaga, mempertahankan, atau meningkatkan jumlah kolagen kulit dan tubuh agar kulit tidak kendor, keriput, dan timbulnya sejumlah tanda penuaan dini.

cara meningkatkan kolagen

Berikut ini beberapa langkah yang bisa anda lakukan sebagai cara meningkatkan kolagen kulit dan tubuh agar selalu awet muda dan cantik.

Hindari Makanan Manis

Mengkonsumsi makanan ataupun minuman manis ternyata bisa menggerogoti jumlah kolagen dalam tubuh. Hal ini bisa terjadi karena kadar gula dalam makanan yang dimakan akan meningkatkan kadar gula darah. Kondisi ini mendorong naiknya produksi hormon insulin yang jika terlalu banyak akan merusak jaringan yang memproduksi kolagen. Karena itu kurangi dan batasi asupan manis anda.

Hindari Rokok

Kebiasaan merokok akan menyebabkan banyaknya racun dan zat berbahaya yang akan terhisap ke dalam tubuh. Zat-zat dalam rokok bukan hanya akan mengganggu kesehatan tubuh namun juga dapat menghalangi tubuh memproduksi kolagen ataupun merusak kolagen yang ada. Larangan merokok ini bukan hanya untuk perokok aktif namun juga perokok pasif yang berada dekat dengan para perokok.

Hindari Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar ultraviolet dari matahari ternyata juga sangat berbahaya dan merusak kolagen kulit dan tubuh. Sinar ultraviolet merupakan ancaman yang sangat tajam dalam merusak kolagen maupun protein elastin. Apalagi jika paparan itu berlangsung lama, maka akan bisa merusak jaringan kulit dan tubuh. Karena itu jika terpaksa anda harus beraktivitas di luar ruangan sebaiknya gunakan tabir surya ataupun dengan menghindari paparan matahari langsung dalam waktu agak lama.

Baca juga: Manfaat Suplemen Kolagen yang Aman dan Halal

Hindari Polusi dan Radikal Bebas

Musuh kolagen lainnya yang juga dapat menurunkan ketersediaan kolagen dalam tubuh adalah pengaruh polusi dan radikal bebas. Asap kendaraan bermotor, asap cerobong pabrik, dan polusi juga harus dihindari agar kolagen kulit dan tubuh tidak rusak dan berkurang.

Mengkonsumsi Makanan Sumber Kolagen

Selain dengan menghindari berbagai pantangan di atas, cara meningkatkan kolagen kulit lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan atau minuman sumber kolagen. Diantaranya seperti makanan yang banyak mengandung asam amino (daging, ikan, susu, dan telur), makanan sumber vitamin A dan C (seperti buah dan sayuran), makanan dari kacang-kacangan, keju dan lainnya.

Mengkonsumsi Suplemen Kolagen

Cara selanjutnya untuk meningkatkan kolagen kulit dan tubuh adalah dengan mengkonsumsi suplemen kolagen. Sangat disarankan memilih suplemen kolagen alami yang aman dan terbukti ampuh dalam meningkatkan kolagen tubuh. Diantaranya seperti MColl Collagen Candy yang dikenal kaya dengan glutathione, hyaluronic acid, dan kolagen ikan laut dalam sehingga diakui sebagai formula awet muda yang ampuh.

Demikianlah beberapa cara meningkatkan kolagen kulit agar awet muda yang menjadi rahasia kulit kencang dan anti penuaan dini.