Untuk membuat kulit putih, cerah, dan kencang bisa diperoleh dari sumber kolagen hewani maupun makanan lain yang kaya dengan sumber kolagennya. Asupan makanan semacam ini sangat dibutuhkan setelah tubuh tak mampu lagi membuat kolagen alami.

Kolagen adalah zat sejenis protein yang sangat dibutuhkan tubuh. Jumlah kolagen dalam protein tubuh cukup besar, yaitu mencapai sekitar 30 persennya. Dalam memenuhi kebutuhan kolagen, tubuh sebenarnya mamu memproduksi sendiri secara alami. Namun kemampuan ini akan berkurang sejalan dengan bertambahnya umur.

Dengan menurunnya kemampuan tubuh dalam menghasilkan kolagen, maka untuk orang yang telah memasuki usia di atas 40 tahun sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan sumber kalogen. Makanan inilah yang akan merangsang tubuh untuk menghasilkan kolagen.

Manfaat kolagen untuk tubuh sangatlah penting. Keberadaan kolagen ini terdapat pada jaringan serat kulit, tulang, urat, sendi, dan gigi. Jika tubuh kekurangan kolagen maka bisa menimbulkan terganggunya pada organ dimana kolagen banyak berperan. Kulit berkerut, sakit persendian, tulang keropos, dan sebagainya.

sumber kolagen hewani

Ada banyak jenis makanan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk pembentukan kolagen. Baik makanan nabati maupun yang berasal dari hewani. Namun dibandingkan yang nabati, sumber kolagen tertinggi lebih banyak dari hewani, seperti daging hewan unggas maupun dari ikan.

Pilihan Sumber Kolagen Hewani Terbesar

Berikut ini berbagai jenis makanan pilihan sebagai pilihan sumber kolagen hewani terbesar yang sebaiknya anda konsumsi.

1. Kolagen dari Ikan

Ikan laut merupakan salah satu sumber kolagen terbesar yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Bahkan kolagen dari ikan merupakan yang terbaik dibandingkan dari makanan lainnya. Namun diantara jenis ikan laut, yang terbaik adalah jenis ikan Cod dan jenis ikan putih yang diketahui kaya dengan kandungan prolin, glisin, dan omega 3 yang sangat berguna untuk pembentukan kolagen tubuh.

2. Kolagen Putih Telur

Bagian putih telur ayam juga diketahui kaya akan kandungan asam amino, prolin, dan glisin yang sangat dibutuhkan untuk proses pembentukan kolagen dalam tubuh. Makan putih telur setiap hari tidak akan menyebabkan kelosterol atau membuat gemuk. Sebaliknya, putih telur ini juga banyak dikonsumsi binaragawan karena nutrisinya yang sangat baik.

Baca juga: Cara Memutihkan Kulit dengan Suplemen Kolagen

3. Kolagen dari Kaldu Tulang

Hasil rebusan dari tulang dan jaringan ikat hewan ternyata juga mengandung banyak kolagen yang baik untuk tubuh. Kaldu tulang semacam ini mudah dibuat dan juga cukup terjangkau, sehingga bisa menjadi alternative makanan sumber kolagen untuk tubuh.

4. Kolagen dari Gelatin

Gelatin sebenarnya merupakan bentuk kolagen yang dimasak dari jaringan hewan. Seperti dikutip dari Wikipedia, gelatin merupakan senyawa turunan protein yang dapatkan melalui ekstraksi kolagen hewan yang kemudian dikeringkan. Gelatin banyak dimanfaatkan industri pangan sebagai bahan baku pembuatan es krim, jeli, agar-agar, dan permen.

Itulah berbagai makanan sumber kolagen hewani terbesar yang bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Namun jika anda tak ingin ribet kenapa tidak mengkonsumsi suplemen kolagen saja. Selain lebih praktis, suplemen semacam ini cukup efektif untuk memenuhi kebutuhan tubuh terhadap kolagen.

Salah satu suplemen kolagen yang bagus untuk perawatan kecantikan adalah MColl Collagen Candy. Suplemen dalam bentuk permen kunyah dengan rasa yang enak ini merupakan produk dari Jepang yang sudah terkanl dan diakui dunia sebagai formula awet muda yang berkhasiat.

Hal ini karena MColl Collagen mengandung kolagen ikan laut dalam atau marine collagen yang cukup tinggi. Suplemen ini juga mengandung glutathione dan hyaluronic acid berkadar tertinggi yang sangat penting dalam proses pembentukan kolagen tubuh. Dengan mengkonsumsi makanan sumber kolagen hewani terbesar tentunya akan sangat berguna sebagai anti penuaan dini dan membuat kulit wajah awet muda.